6 Orang Ini Menjadi 'Pencipta' di Dunia Internet

Orang-Orang Penemu di Dunia Internet
Menurut Wikipedia Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan umat manusia, hampir semua aktifitas dilakukan di dunia maya tersebut. Ngomong-ngomong soal inernet, apa jadinya dunia ini tanpa internet yak? ah sudahlah.

Kali ini kita akan membahas tentang 'pencipta' di Dunia internet. Dari mesin pencari Google hingga situs jejaring sosial, Facebook. Langsung aja.

1. Google oleh Larry Page dan Sergey Brin



Sekitar 17 tahun yang lalu tepatnya tanggal 4 September 1998, dua orang mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford bernama Larry dan Sergey Brin berhasil merilis Google. Kedua mahasiswa tersebut menciptakan Google di sebuah garasi. Hingga saat ini, mesin pencari Google menjadi favorit bagi semua kalangan.

Salah satu saingan Google yang paling potensial saat ini adalah Bing dan Yahoo.

2. Facebook oleh Mark Zuckerberg



Facebook di ciptakan 4 Februari 2004, oleh seorang Mark bersama teman-temanya yang kala itu doi baru berusia 19 tahun. Tujuan utama Facebook di ciptakan kala itu adalah untuk membangun jaringan sosial bagi para mahasiswa di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Dan hingga akhirnya menjadi salah satu situs jejaring sosial paling terkenal.

3. Youtube oleh Steve Chen, Chad Hurley, Jawed Karim




Youtube dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada tahun 2005 silam, lebih tepatnya pada tanggal 14 Februari 2015. Hanya berselang setahun, pada bulan Oktober 2006 Youtube diakuisisi oleh Google. Dengan Youtube kita bisa mengunggah, menonton, dan berbagi video.

4. Yahoo! oleh Jerry Yang dan David Filo 



Yahoo lahir pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995. Walaupun lahir lebih dulu, Yahoo nyatanya kalah pamor ketimbang Google. Per tahun 2013, Yahoo menempati peringkat ke-3 dunia menurut Alexa.

5. Wordpress oleh Matt Mullenweg



Matt Mullenweg adalah orang membuat Wordpress pada tahun 2003. Nama Wordpress sendiri bukan asli dari Matt, melainkan diurulkan oleh temannya yang bernama Christine Selleck. Saat ini, Wordpress menjadi salah satu blog gratisan yang paling banyak digunakan. Alasan utamanya yaitu adalah mudah digunakan.

WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

6. Mozilla oleh Blake Aaron Ross

Mozilla adalah salah satu aplikasi penjelajah di Internet. Pada tahun 2004, Blake berhasil menciptakan Mozilla. Tidak lama berselang, Blake dan seorang temannya bernama Dave Hyatt menggabungkan Mozilla dnegan Firefox. Hingga saat ini, Web Browser ini sangat diminati oleh user.

7. Twitter oleh Jack Dorsey



Dua tahun setelah berdirinya Facebook, lahir lagi sebuah situs jejaring sosial bernama Twitter dan nama Jack Dorsey adalah orang dibalik kesuksesan Twitter. Jejaring sosial yang satu ini berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun setelah resmi 'berlayar'.

Popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik dan hal hal yang lagi ngetrend.

8. Instagram oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger



Pada tahun 2010, lagi-lagi muncul sebuah situs jejaring sosial. Kevin Systrom dan Mike Krieger menciptakan sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Yaa, itu adalah Instagram.

Instagram kemudian diakuisisi oleh Facebook dua tahun setelah resmi meluncur. Hal tersebut dikarenakan Instagram sangat diminati oleh para pengguna Smartphone.


Yaa, itulah beberapa orang 'pencipta' di dunia Internet yang sangat berguna bagi kita semua. Bagaimana jika mereka ga ada? Mungkin hidup kita akan gitu-gitu aja. Oke selamat malam dan semoga bermanfaat.


No comments:

Berkomentarlah sesuai artikel yang kamu baca.

Powered by Blogger.