Cara Mengatasi Masalah Deprecated: mysql_connect() Pada Database

Cara Mengatasi Deprecated: mysql_connect()

Dalam beberapa hari ini ane lagi ngerjain tugas yang mana harus menggunakan database. Awalnya berjalan dengan lancar ketika ane buat tampilan untuk tugas ane itu. Tapi masalah muncul ketika mengkoneksikan database dengan menggunakan PHP.

Ini kode yang ane gunakan sebelumnya. Karena sudah biasa dengan menggunakan kode tersebut.

<?php
$hostname = 'localhost';
$username = 'root';
$password = '';
$db = 'akademik';
mysql_connect($hostname, $username, $password);
mysql_select_db($db);
?>

Ketika dicoba pada localhost pesan error seperti ini muncul Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead. Anehnya, ketika dirunning ditempat (baca: laptop) lain kode tersebut gak ada masalah.

Setelah mencari kesana kemari tentang permasalahan tersebut, ternyata masalah ada pada penulisan kode PHP nya. Kemarin ketika menulis kode itu ane menggunakan PHP 5.5 pada Xampp. Nah ini yang menyebabkan munculnya Deprecated: mysql_connect():.

Kode yang ane tuliskan diatas ternyata sudah tidak mendukung untuk PHP 5.5, inilah sebabnya ketika di jalankan di tempat lain bisa berhasil karena saat itu menggunakan PHP 5.3.

Untuk bisa terkoneksi ke database dengan menggunakan PHP 5.5 sintaknya ternyata cukup simple. Kalian coba masukan code ini

<?php
 mysqli_connect('hostname', username', '', 'databasename');
if ('databasename') {
 echo "Database  Ada";
}else {
 echo "Database Tidak Ada";
}
?>




Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!!

No comments:

Berkomentarlah sesuai artikel yang kamu baca.

Powered by Blogger.