Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Panda (Kantung Mata)


Kantung Mata atau biasa disebut Mata Panda adalah sebuah kondisi dimana terdapat sebuah garis hitam di sekitar mata dan itu sangat menggangu. Penyebab timbulnya mata panda tersebut sangat beragaram, sebagian orang Indonesia percaya bahwa penyebab utama dari mata panda adalah karena kurangnya tidur.

Memiliki garis hitam disekitar mata akan membuat orang kurang percaya diri, apalagi bagi seorang wanita. Memang, mata panda bukanlah masalah yang serius, tapi jika dibiarkan akan menjadi masalah. Seperti kurang percaya diri dan bisa saja dianggap sedang memiliki sebuah penyakit.

Seperti yang telah saya tulis di atas, penyebabnya sangat beragam. Mari kita bahas satu persatu.

1. Kurang Tidur
Ya, kurang tidur sepertinya menjadi penyebab utama terjadinya mata panda. Dalam beberapa bulan terakhir saya kurang tidur karena banyak tugas dan hasilnya garis hitam disekitaran mata mulai muncul. Orang dewasa jatah harus memiliki jatah tidur sekitar 7-8 jam, jika kurang dari itu ya ga baik la.

2. Make Up
Setelah saya baca-baca lagi, ternyata ada penyebab lain terjadinya Mata Panda selain kurang tidur. Penggunaan Make Up berlebih juga menyebabkan mata panda ternyata. Wanita memang boleh saja menggunakan Make up untuk mempercantik diri, tapi ga berlebih juga.

3. Karena Penyakit
Menurut CNN, mata panda juga bisa disebabakan oleh adanya penyakit dalam tubuh kamu. Para ahli dan berbagai penelitian telah menemukan bahwa lingkaran hitam di sekitar mata merupakan gejala adanya penyakit anemia, hati dan tanda dehidrasi.

Nah itulah beberapa penyebab terjadinya Kantung Mata atau Mata Panda. Lalu bagaimana cara mengatasi bila sudah terkena mata panda? Sebaiknya kamu lakukan beberapa perawatan di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Es Batu


Es Batu menjadi cara paling banyak di bahas dalam beberapa artikel yang saya temukan. Es Batu dipercaya dapat melembabkan dan mengurangi Mata Panda. Bisa juga menggunakan sendok dingin, Caranya:
  • Simpan sendok selama satu malam
  • kemudian tempelkanlah sendok dingin tersebut ke kelopak mata di pagi hari.
2. Menggunakan Mentimun


Ini adalah salah satu cara alami untuk menghilangkan Mata Panda. Caranya adalah dengan menempelkan irisan timun di kelopak mata, untuk mendaptkan hasil yang maksimal, gunakanlah setiap hari.

Atau juga bisa di Jus terlebih dahulu, kemudian  tempelkan di kelopak mata, tunggu hingga mengering.

3. Menggunakan Minyak Witch Hazel
Minyak Witch Hazel ini adalah ekstrak daun dan kulit kayu semak Hamamelis yang berasal dari Virginia Amerika Utara. Dan sering kali digunakan untuk bahan kecantikan. Cara menggunakannya adalah:
  • Redam kapas beberapa menit kedalam minyak.
  • kemudian kompreskan di mata selama 5-10 menit.
Cara di atas akan berhasil jika kamu juga memperhatikan pola tidur dan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Yaa demikianlah pembahsaan tentang Mata Panda, semoga bermanfaat!!



No comments:

Berkomentarlah sesuai artikel yang kamu baca.

Powered by Blogger.